Materi TMS (Tracing and Miling Service)

Definisi
Tracing and mailing service disingkat TMS
Tracing : Berasal dari kata “to trace” artinya mencari atau mengikuti jejak
Mailing : Berasal dari kata “to mail” artinya memposkan
Service : Berasal dari kata “to serve” artinya melayani

Jadi TMS artinya pelayanan pencarian korban yang hilang dan penyampaian berita keluarga. Yaitu Pelayanan Pencarian keluarga yang hilang, penyampain berita keluarga secara berita partisipasi membantu memperingankan penderitaan sesame manusia tanpa memandang ras, bangsa, aama maupun poloitok. Adapun tujuan TMS adalah untuk membantu meningkatkan penderitaan hati/batin/tekanan mental yang diakibatkan oleh perpisahan dan ketidakpastian anggota keluarga atau ornag-ornag yang dikasihi dengan cara mencari kabar tentang anggota keluarga yang hilang.



Tujuan TMS : membantu meringankan penderitaan hati/batin/tekanan mental yang diakibatkan perpisahan dan ketidakpastian nasib anggota keluarga atau orang-orang yang dikasihi dengan cara mencari kabar tentang anggota keluarga yang hilang atau terpisah.

Tugas TMS :
  1. Mendata,memproses dan menyampaikan semua informasi/keterangan yang diperlukan untuk identifikasi orang-orang yang perlu dibantu PMI.
  2. Menyampaikan berita keluarga antar anggota keluarga yang terpisah bila sarana komunikasi normal terganggu
  3. Mencari keluarga yang hilang
  4. Mempersatukan kembali anggota yang terpisah, melaksanakan pemindahan dan pemulangan kembali orang ke tanah airnya.
  5. Berusaha mendapatkan surat resmi yang mungkin berguna untuk memeproleh pensiunan dan atau biaya pengobatan dan lain-lain.
sumber : http://pmrpeduli.blogspot.com