Benarkah Makan Sayuran Mentah Lebih Menyehatkan?

Banyak orang menganggap makan sayuran mentah lebih menyehatkan karena lebih kaya nutrisi dibanding sayuran yang dimasak atau dipanaskan. Benarkah demikian?

Menurut sejumlah ahli gizi, tidak semua sayuran lebih kaya nutrisi ketika tidak dimasak. Ada beberapa sayuran yang justru lebih menyehatkan jika dimasak, seperti tomat, bayam, wortel, asparagus, dan jamur.

Ahli gizi dan dosen senior di Applied Physiology, Birmingham City University Mel Wakeman mengungkapkan, tomat yang dipanaskan dapat membuat kadar likopen di dalamnya meningkat.

Menurut Wakeman, likopen dipercaya dapat menyehatkan jantung dan telah terbukti mengurangi risiko kanker prostat. Sementara itu, bayam yang dimasak justru kaya akan oksalat yang mengikat mineral pada bayam seperti zat besi dan kalsium.

Kemudian wortel yang dimasak kaya akan karotenoid dan asparagus yang dimasak diketahui dapat meningkatkan kandungan polifenol. Menurut Wakeman, keduanya memiliki sifat antioksidan yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker.

Wakeman menjelaskan, pemanasan justru dapat membantu melepaskan mineral yang mengikat agar bisa diserap oleh tubuh dan meningkatkan kandungan fitokimia yang bermanfaat bagi kesehatan. Namun, Wakeman menyarankan agar sayuran tersebut tidak dipanaskan terlalu lama.

“Microwave akan dan mengepul sering membantu untuk mempertahankan kandungan nutrisi sayuran, bukan mendidih. Makan campuran wortel mentah dan dimasak juga. " kata Wakeman.

Hal senada juga dikatakan oleh Rui Hai Liu, seorang profesor di departemen ilmu makanan di Cornell University.

“Banyak yang mengatakan makanan bahwa makanan yang dimasak memiliki nilai gizi yang lebih rendah dibandingkan dengan produk segar, tapi itu tidak selalu benar, " kata Rui yang mempelajari bagaimana panas mempengaruhi makanan.









Sumber : http://dechacare.com/
"Baca Selanjutnya...">

Udah pada tau belum, Ternyata Indonesia Pemakan Mie Instan Kedua Terbanyak Sedunia

Ada data yang mengagetkan, yang di release oleh World Instant Noodles Association (WINA) atau Asosiasi Mi Instan Sedunia, yaitu bahwa Indonesia adalah negara yang mengkonsumsi mi instan terbanyak kedua di dunia. Di situs resmi asosiasi tersebut, dikatakan bahwa konsumsi mie instant penduduk Indonesia tergolong sangat tinggi yaitu sekitar 13,200 juta bungkus / cup mie instan pada tahun 2015.

negara pemakan mi instan terbanyak seduniaIndonesia memang dikenal sebagai negara yang punya banyak kreasi mi instan. Dari soal rasa saja misalnya : ada mi instan rasa bawang goreng, rasa soto, bakso, rasa rendang, rasa ikan cakalang, rasa lombok ijo dll, serta aneka mie instan rasa lain yang merupakan kombinasi dari makanan khas Indonesia maupun internasional.

Orang Indonesia juga cukup kreatif dalam hal membuat dan meyajikan mi instan. Misalnya ada yang dengan kuah, “digoreng”, ditambahkan sayur, telur, protein hewani, cabai rawit serta kornet. Harus diakui, makanan instan ini memang mudah dibuat dan punya rasa yang lumayan enak.
Konsumsi mi instan Indonesia kedua terbanyak

Pertanyaannya, jika dihitung, berapa bungkus mi instan yang dimakan oleh orang Indonesia setiap tahunnya ? Nah, menurut World Instant Noodles Association (WINA) dalam situs resminya, konsumsi mie instan penduduk Indonesia tergolong sangat tinggi.

Dalam daftar yang disusun WINA, Indonesia “sukses” menempati posisi kedua sebagai negara dengan permintaan mi instan terbanyak di dunia. Hmm … sebuah “kesuksesan” yang getir untuk dirasakan.

Dari tahun-ke tahun, jumlah mie instan yang dimakan pun terus meningkat. Tahun 2015 lalu, WINA mencatat, global demand Indonesia sekitar 13,200 unit mi instan. Dan untuk setiap unit setara dengan satu juta bungkus atau cup. Jadi mi instan yang dimakan jumlah riilnya sekitar 13,200juta bungkus. Gila !

Dan untuk posisi pertama ditempati oleh China atau Tiongkok. Jumlah permintaan mi instan di Tiongkok mencapai 46.220 unit, jauh diatas Indonesia.

Indonesia dan China mengalahkan global demand mi instan dari orang Jepang, yang berada di posisi ketiga dengan permintaan 5,540 unit (2015). Padahal, seperti diketahui, mi atau ramen sangat dikenal di Jepang dan menjadi salah satu makanan utama warga Jepang.

8 dari 10 negara pemakan mi instan terbanyak berasal dari Asia. Dua negara lainnya di luar Asia adalah Amerika Serikat dan Brasil. Berikut daftar 10 besar negara pemakan mi instan terbanyak di dunia, dengan catatan 1 unit setara dengan 1 juta bungkus / cup mie instan.

Akhirnya mengkonsumsi mi instan boleh-boleh saja. Tapi harus disadari bahwa kandungan gizi yang ada pada mie instant tidak memadai untuk kebutuhan gizi tubuh sehari-hari. Makan sekali-sekali saja tapi jangan tiap hari. Lagi pula menempati posisi dua sebagai negara pemakan mi instan terbanyak sedunia itu sama sekali tidak membanggakan.

Sumber :
https://instantnoodles.org/en/noodles/market.html
http://www.kita-sehat.id/
"Baca Selanjutnya...">

5 CARA AGAR TIDUR NYENYAK SAAT CUACA PANAS TANPA AC

Bagi keluarga dengan rumah tanpa AC, tidur nyenyak saat cuaca panas sepertinya jadi barang mewah, kenapa ? Karena ketika cuaca panas udara disekitar kita pun jadi ikutan panas. Udara panas membuat badan jadi “gerah” siang dan malam. Jangankan tidur nyenyak, istirahat sebentar pun rasanya sudah tidak nyaman.
Pasang AC atau menyalakan kipas angin non stop siang-malam bisa saja dilakukan. Tapi hal itu akan membuat pengeluaran membengkak. Nah bagaimana caranya agar dapat tidur nyenyak tanpa AC saat cuaca panas ?
Berikut 5 cara agar tetap bisa tidur nyenyak saat cuaca panas seperti di kutip dari The Independent.
#1. Letakkan botol berisi air dingin di tempat tidur. Tidur di kasur yang panas apa enaknya ? Nah untuk mendinginkan kasur yang panas, coba letakkan botol berisi air dingin di tempat tidur. Caranya yaitu isi botol dengan air, kemudian simpan botol di freezer. Setelah dingin, gulung botol tersebut dengan kain atau selimut, kemudian taruh di kasur sebelum pergi tidur. Cara ini akan membuat kasur lebih dingin dan lebih nyaman saat ditempati.
#2. Mendinginkan baju tidur. Baju tidur atau piyama biasanya terbuat dari bahan yang lembut dan adem di kulit. Tapi jika udara sedang panas tetap saja tidur tidak bisa pulas.
Nah, coba dinginkan baju tidur. Caranya bungkus piyama atau baju tidur pakai plastik yang bersih. Sebelum tidur, taruh kedalam freezer sekitar 15 menit. Cara ini akan membuat piyama terasa dingin dan segar saat melekat di badan. Sehingga tidur jadi lebih nyenyak.
#3. Mandi dengan air dingin sebelum tidur. Untuk menurunkan suhu tubuh dan membuat tidur lebih pulas, mandilah dengan air dingin sebelum tidur. Mandi dengan air hangat memang bisa melemaskan kembali otot yang penat setelah bekerja, namun itu lebih cocok untuk musim penghujan atau musim dingin. Mandi pakai air dingin adalah cara paling cepat untuk menurunkan suhu tubuh.
#4. Siapkan air putih di samping tempat tidur. Jika tidur dalam cuaca yang panas, maka tubuh kita akan mengeluarkan banyak keringat untuk mendinginkan suhu tubuh. Nah, siapkan segelas air putih di dekat tempat tidur agar tubuh kita terhindar dari dehidrasi.
Segelas air di dekat tempat tidur akan sangat memudahkan kita agar tidak repot saat kehausan dan terjaga dari tidur malam.
#5. Halangi sinar matahari langsung. Udara yang sejuk akan membuat tidur lebih nyenyak. Karena itu halangi kamar atau tempat tidur dari sinar matahari langsung. Misalnya dengan memasang tirai pada siang hari, menanam pohon atau apapun yang dapat menghalangi sinar matahari langsung.

Sumber : http://info-kesehatan.net/

"Baca Selanjutnya...">
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...