CARA MENGHILANGKAN DAN MENCEGAH BAU KAKI

Ada beberapa Cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi bau kaki tak sedap dan meminimalisir bau kaki, antara lain :
  1. Pilihlah sepatu dari bahan yang memiliki pori-pori cukup untuk kaki “bernafas” dan mendapatkan oksigen, contohnya sepatu kulit.
  2. Gunakan kaus kaki yang berasal dari bahan alami seperti katun dan ussahakan mengganti kaos kaki minimal 2 hari sekali
  3. Usahakan tidak menggunakan sepatu atau kaus kaki yang sama dua hari berturut-turut.
  4. Setelah menggunakan sepatu atau sandal, diamkan sebentar dengan cara di angin – anginkan guna menggeringkan dan menghindarikan pengendapan bakteri pada sepatu atau sandal, terutama selepas bekerja dan berolahraga.
  5. Usahakan untuk mencuci sepatu dan menjemur sepatu setelah dicuci maupun setelah digunakan
  6. Sebelum menggunakan kaus kaki, taburkan sedikit bedak pada kaki, krim kaki atau foot spray setiap pagi, agar sedikit mengurangi kaki dari rasa basah atau lembab
  7. Bersihkan kaki secara teratur, sambil gunakan batu apung. Hal itu untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang merupakan makanan bakteri.
  8. Pedikur juga secara teratur dan jangan biarkan kuku jari kaki Anda terlalu panjang.
  9. Hindari stres. Karena semakin Anda stres keringat semakin banyak, dan bisa meningkatkan risiko bau kaki
  10. Rendam kaki Anda secara teratur pada larutan teh hitam selama sepuluh menit, tiga kali seminggu. Hal itu bisa mengurangi produksi keringat pada kaki, atau dengan merendam kaki dalam ember berisi air hangat ditambahkan sedikit garam guna membunuh bakteri atau kuman penyebab bau kaki dan dan sedikit melegakan rasa pegal pada kaki, betis dan pergelangan kaki.
  11. Cuci kaki setiap hari dengan air dan sabun, setelah beraktivitas atau berpergian dan sebelum tidur Lalu, keringkan dengan benar untuk mencegah pertumbuhan bakteri.
  12. Periksa kaki untuk setiap tanda infeksi jamur atau bakteri. Jika perlu gunakan bedak kaki, krim dan sebagainya agar kaki tetap kering.
  13. Gunting kuku jari kaki anda jangan tunggu sampai panjang
  14. Pilihlah ukuran sepatu atau sandal yang benar – benar sesuai dengan ukuran kaki anda

 Cara Menghilangkan Bau Tidak Sedap Pada Kaki  Secara Alami :
  1. Ambil 9 helai daun sirih tua
  2. Siapkan garam dua sendok makan
  3. Rebus air 380 sebanyak 1 liter, (satu botol aqua)
  4. Masukan daun sirih tadi kedalam air yang dipanaskan.
  5. Setelah mendidih, angkat, lalu masukan garam sebanyak dua sendok makan tadi, aduk sampai merata, silakan campurkan air sampai suhunya hangat dan kaki anda dapat berendam di dalamnya,
  6. Basuhlah dan bersihkan telapak kaki sampai mata kaki anda secara merata selama 15 menit,
  7. Seteleah selesai keringkan dengan handuk.
  8. Lakukan ini secara teratur selama 1 minggu, saya jamin bau kaki anda akan hilang.
 Jika Sepatu yang Bau :
    1. Simpanlah Sepatu di tempat yang dingin selama semalam sambil dibungkus dengan Koran sampe rapet. Koran itu akan menyerap bau yang ada dalam sepatu.
    2. Menggunakan kopi yang dibungkus dengan tisu, bungkusan kopi di masukkan ke dalam sepatu, atau menggunakan silica gel dimasukan ke dalam sepatu.
    3. Menggunakan soda kue, Keringkan dulu sepatu yang akan dibersihkan. Ambil dua 2 sendok teh hingga 1 sendok makan soda kue untuk satu sepatu. Banyaknya soda kue disesuaikan dengan ukuran sepatu, lalu taburkan soda kue ke dalam sepatu dan biarkan selama satu malam. Keesokan harinya, cara yang paling bagus untuk membersihkan atau menghilangkan bekas soda kue yang menempel pada sepatu adalah dengan cara menyedotnya dengan mesin penyedot debu (vacum cleaner). Jika tidak mempunyai mesin penyedot debu, bisa juga dengan menepukkan antara sepatu yang satu dengan sepatu yang lain. Setelah sebagian besar soda kue hilang dari permukaan dan dalam sepatu, sekarang tahap terakhir adalah pembersihan di sela-sela sepatu dengan sikat gigi bekas.
    4. Untuk mencegah agar sepatu tak mudah berbau, jangan pernah memakai sepatu bila kaki sedang basah. Hal itu dapat menyebabkan bakteri berkembang dan akhirnya sepatu Anda menjadi berbau tak sedap. Untuk pertahanan ganda, gunakan obat khusus berupa semprotan pewangi pewangi atau foot spray pada bagian dalam sepatu Anda. Setelah itu jangan langsung dipakai, segera angin-anginkan agar kering.
    5. Bila sepatu terbasahi oleh air hujan, segera keringkan dengan cara memasukkan beberapa lembar tisu ke dalamnya untuk menyerap air. Gunakan shoe tree untuk menjaga agar bentuk sepatu dan bagian ujungnya tidak melengkung. Masukkan sepatu dalam kantung kain, kotak sepatu atau kantung plastik dan simpan di tempat kering. Jangan simpan sepatu di dekat sumber panas agar kulitnya tidak mengering.


    http://caramenghilangkanbaukaki.com
    http://www.kucoba.com
    http://wanenoor.blogspot.com