Udah pada tau belum, Ternyata Indonesia Pemakan Mie Instan Kedua Terbanyak Sedunia

Ada data yang mengagetkan, yang di release oleh World Instant Noodles Association (WINA) atau Asosiasi Mi Instan Sedunia, yaitu bahwa Indonesia adalah negara yang mengkonsumsi mi instan terbanyak kedua di dunia. Di situs resmi asosiasi tersebut, dikatakan bahwa konsumsi mie instant penduduk Indonesia tergolong sangat tinggi yaitu sekitar 13,200 juta bungkus / cup mie instan pada tahun 2015.

negara pemakan mi instan terbanyak seduniaIndonesia memang dikenal sebagai negara yang punya banyak kreasi mi instan. Dari soal rasa saja misalnya : ada mi instan rasa bawang goreng, rasa soto, bakso, rasa rendang, rasa ikan cakalang, rasa lombok ijo dll, serta aneka mie instan rasa lain yang merupakan kombinasi dari makanan khas Indonesia maupun internasional.

Orang Indonesia juga cukup kreatif dalam hal membuat dan meyajikan mi instan. Misalnya ada yang dengan kuah, “digoreng”, ditambahkan sayur, telur, protein hewani, cabai rawit serta kornet. Harus diakui, makanan instan ini memang mudah dibuat dan punya rasa yang lumayan enak.
Konsumsi mi instan Indonesia kedua terbanyak

Pertanyaannya, jika dihitung, berapa bungkus mi instan yang dimakan oleh orang Indonesia setiap tahunnya ? Nah, menurut World Instant Noodles Association (WINA) dalam situs resminya, konsumsi mie instan penduduk Indonesia tergolong sangat tinggi.

Dalam daftar yang disusun WINA, Indonesia “sukses” menempati posisi kedua sebagai negara dengan permintaan mi instan terbanyak di dunia. Hmm … sebuah “kesuksesan” yang getir untuk dirasakan.

Dari tahun-ke tahun, jumlah mie instan yang dimakan pun terus meningkat. Tahun 2015 lalu, WINA mencatat, global demand Indonesia sekitar 13,200 unit mi instan. Dan untuk setiap unit setara dengan satu juta bungkus atau cup. Jadi mi instan yang dimakan jumlah riilnya sekitar 13,200juta bungkus. Gila !

Dan untuk posisi pertama ditempati oleh China atau Tiongkok. Jumlah permintaan mi instan di Tiongkok mencapai 46.220 unit, jauh diatas Indonesia.

Indonesia dan China mengalahkan global demand mi instan dari orang Jepang, yang berada di posisi ketiga dengan permintaan 5,540 unit (2015). Padahal, seperti diketahui, mi atau ramen sangat dikenal di Jepang dan menjadi salah satu makanan utama warga Jepang.

8 dari 10 negara pemakan mi instan terbanyak berasal dari Asia. Dua negara lainnya di luar Asia adalah Amerika Serikat dan Brasil. Berikut daftar 10 besar negara pemakan mi instan terbanyak di dunia, dengan catatan 1 unit setara dengan 1 juta bungkus / cup mie instan.

Akhirnya mengkonsumsi mi instan boleh-boleh saja. Tapi harus disadari bahwa kandungan gizi yang ada pada mie instant tidak memadai untuk kebutuhan gizi tubuh sehari-hari. Makan sekali-sekali saja tapi jangan tiap hari. Lagi pula menempati posisi dua sebagai negara pemakan mi instan terbanyak sedunia itu sama sekali tidak membanggakan.

Sumber :
https://instantnoodles.org/en/noodles/market.html
http://www.kita-sehat.id/