Membuka password admin yang berubah sendiri di ONT ZTE F660

Halo kawan-kawan kali ini saya akan berbagi pengetahuan dengan pengunjung blog ini. kali ini saya akan membahas tentang atau bisa dibilang kendala yang pernah atau sering terjadi di ONT ZTE F660 yaitu password admin yang berubah sendiri secara sistem. saya juga tidak ambil nilai negatif dari perubahan ini mungkin saja TELKOM mempunyai sistem khusus untuk merubah password default admin menjadi password yang dimasukkan oleh sistem dengan tujuan keamanan pelanggan, dimana pelanggan awam akan perangkat yang digunakan sehingga membiarkan password “admin” ONT berada pada posisi default. Kasus seperti ini sudah sering saya temukan namun penyelesaiannya hanya satu yaitu ganti ONT lama dengan ONT yang baru. dari perjalanan saya yang penasaran akan masalah ini, saya mencoba untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan beberapa cara yaitu:
1. mereset ONT (menekan tombol reset dan ditahan hingga lampu ONT mati semua).
2. upgrade/downgrade versi software ONT dari SIP ke H248 dan sebaliknya
3. login dengan user “admin” dan mencoba beberapa password umum di TELKOM.
dan ke-3 cara diatas hasilnya GAGAL!!!, tetap saja setelah saya masuk ke browser dan login dengan user “admin” masih belum berhasil, password ONT tidak mau menjadi default lagi. terpaksa saya menggunakan username “user” dan password “user” untuk masuk ke Menu ONT dengan Menu yang terbatas (beberapa menu tidak ditampilkan). Setelah saya cari di google hasilnya pun tetap sama tidak ada topik yang membahasnya. akhirnya setelah sekian lama saya bertapa di depan ONT heheh… muncul ide untuk telnet ke ONT. Sebelum melakukan telnet download dahulu software telnet client bernama ZOC, pasti muncul pertanyaan “kenapa harus menggunakan aplikasi padahal bawaan windows juga ada?” aplikasi telnet bawaan windows tidak bisa menyimpan LOG sehingga jika ada script yang terlalu panjang kita tidak bisa melihatnya. dimana nantinya fitur ini yang menjadi kunci utama dari masalah yang akan diselesaikan.
1. buka “ZOC” dan masukkan parameternya sebagai berikut:
– connect to –> 192.168.1.1
– port –> 23
– Session profile –> bebas
– connection type –> telnet
– emulation –> Ansi BBS
2. Setelah semua parameter diisi tekan tombol “connect”
3. maka akan tampil sebagai berikut :

4. masukkan “Login” menggunakan user “root” dan password “Zte521” tekan enter
5. sebelum melanjutkan perintah berikutnya pastikan tanda cekbox “ZOC.LOG” ter-ceklist










6. Dan file “.LOG” yang secara default berada di C:\Users\speedyonmy\Documents\ZOC6 Files\Log, harus dikosongkan agar tidak bingung antinya.
7. lanjut ke perintah berikutnya yaitu,
– cat /userconfig/cfg/db_user_cfg.xml
8. tekan enter, maka akan banyak script xml muncul di layar , sayangnya hanya bisa dilihat sebagian.
9. ketik “exit” dan enter
10. buka folder C:\Users\speedyonmy\Documents\ZOC6 Files\Log akan muncul file “.Log” baru
11. buka file “Log” dengan menggunakan notepad
12. setelah dibuka maka akan terlihat sederetan script
13. tekan tombol “CTRL+F” dan masukkan kata kunci “admin” klik “Find next” maka akan tampil kurang lebih seperti gambar berikut:











14. dari gambar tersebut sudah terlihat password “admin” yaitu “345678”.
15. saya coba buktikan password tersebut dengan membuka browser dan masuk ke web configuration ONT dengan username “admin” dan password “345678” dan BERHASIL!!!
WARNING: tiap-tiap password user “admin” yang dirubah secara sistem berbeda-beda dengan ONT yang lainnya.


sumber : https://speedyonmy.wordpress.com