Manfaat Air Mata (menangis) Untuk Kesehatan

Sering menangis kerap kali disebut cengeng dan dianggap kekanak-kanakan. Kebanyakan menangis memang akan menimbulkan beberapa masalah ringan misalnya mata menjadi sembab dan merah, hidung mampet dan wajah sedikit pucat. Namun dibalik menangis ternyata ada manfaat kesehatannya juga loh. Mau tau apa saja, yuk simak yang berikut :

Air mata yang keluar dapat memberi enam manfaat bagi kesehatan, diantaranya adalah :



Mambantu menjernihkan mata/pengelihatan

Air mata yang keluar dapat membantu menjernihkan mata atau pengelihatan. Cairan tersebut membantu mencegah dehidrasi pada membran mata yang kadang saat mata kering pengelihatan jadi kabur.

Membunuh bakteri

Dengan keluarnya air mata, Anda tidak perlu lagi membeli obat tetes mata karena air mata beguna sebagai obat antibakteri alami. Air mata mengandung cairan yang disebut lisozom yang membunuh sekitar 90-95 pesen bakteri. Ampuhnya air mata dapat membasmi bakteri dari debu, kucekan tangan yang terkontaminasi dari tempat-tempat berbakteri dapat dibunuh dalam waktu lima menit.

Meningkatkan kepercayaan diri

Dengan menangis, seseorang lebih cepat menurunkan level depresi yang sedang dialaminya, dengan begitu mood yang awalnya drop bisa cepat naik. Menangis bisa ‘digambarkan’ sebagai emosi, sehingga dalam keadaan menangis emosi teredam sementara. Emosi mengandung 24 persen protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan karena iritasi mata.

Mengeluarkan racun

William Frey seorang ahli biokimia pernah melakukan beberapa studi tentang air mata. Dalam studinya itu ia menemukan bahwa air mata yang dikeluarkan saat menangis karena emosional ternyata mengandung racun. Jangan salah artikan, yang dimaksud disini bukan air mata adalah racun, tapi keluarnya air mata menandakan cairan tersebut membawa serta racun dari dalam tubuh dan dikeluarkan melalui mata.

Meringankan stres

Air mata dipercaya dapat mengeluarkan hormon stres yang menumpuk dalam tubuh manusia. Hormon itu lebih dikenal dengan sebutan endorphin leucine-enkaphalin dan prolactin. Dengan menangis, setidaknya Anda telah membuat diri Anda merasa lebih ‘ringan’, pasalnya cairan tersebut juga membantu melawan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh stres akibat tekanan darah tinggi.

Perasaan lebih ‘lega’

Semua orang yang pernah menangis pasti tidak dapat memungkiri perasaan ini. Karena dengan menangis dan mengeluarkan ‘unek-unek’ sedikit beban yang tersimpan dalam hati lebih ringan. Meskipun berbagai masalah datang, menangis adalah obat sementara yang membuat lega. Proses kerjanya : usai menangis, sistem limbik, otak dan jantung akan menjadi lancar, dengan begitu masalah yang tadinya berat akan sedikit lebih ringan karena Anda telah meluapkannya dengan air mata. Tidak percaya? Coba buktikan sendiri.



http://kabarinews.com